Yoga Kone

Pengertian Surya Namaskara Asana.
Sang surya adalah salah satu wujud kekuatan Tuhan yang ada pada matahari yang memberikan kekuatan dan sinar kesucian pada alam semesta beserta isinya. Matahari selalu menyinari alam semesta dengan sinar cinta kasihnya yang terang, sehingga semua perputaran alam dan kehidupan sangat tergantung pada kekuatan matahari ini. Ada beberapa contoh keagungan Sang Surya ( Matahari). Matahari sebagai pusat pengatur waktu bagi seisi alam semesta. Matahari adalah sebagai pusat pedoman waktu yaitu waktu siang dan malam hari. Dengan penggantian waktu ini, semua planet berputar dan semua mahluk dapat hudup, berkembang dan musnah. Dari perputaran waktu terjadilah hokum dwalitas dalam hidup ini, ada lahir ada yang mati, ada laki dan ada perempun, ada positif dan negative , namun kedua yang berbeda itu saling ketergantungan. Karena kita selalu dipengaruhi oleh kekuatan hokum ini, kita hasrus selalu menjalin hubungan selaras dengan kekuatan ini. Selanjutnya Sang surya ( matahari) adalah sebgai pusat panas. Dengan kekuatan tersebut semua mahluk mendapatkan kehangatan, kesegaran dan dapat beraktifitas guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan juga Sang Surya (matahari) adalah sebagai saksi utama, Dan selalu menyaksikan setiap gerak alam dan isinya. Jadi kita akan selalu disaksikan setiap sikap hidup kita. Itulah secara umum pengertian dan kekuatan Sang Surya.
Namaskara dapat diartikan adalah suatu sikap sembah bhakti , kita kehadapan yang di agungkan atau disucikan, sebagi sikap penyerahan diri secara total, dalam menyelaraskan hubungan.
Jadi dapat ditarik kesimpulan, Surya namaskara adalah suatu sikap sembah bhakti secara total, kehadapan Sang surya, sebagai wujud manifestasi Tuhan Yang Maha Kuasa. Sehinga selalu terjalin hubungan yang selaras dan harmonis.
Asana adalah suatu sikap tubuh, yang telah terkendali dan teratur, yang merupakan titik berat kekuatan kekuatan badan, sebagai tempat pemusatan sebuah energy .

Kesimpulannya Surya Namaskara Asana, adalah suatu sikap tubuh yang di selaraskan dengan rasa dan jiwa, untuk menyembah kekuatan Sang Surya atau matahari untuk mencapai keselarasan dan keharmonisan diri.
Penyakit yang disembuhkan dengan latihan surya namaskara.
Beberapa penyakit yang terbukti telah disembuhkan dengan melaksanakan Surya Namaskara , seperti :
Jerawat, Anemia, Stress dan kelelahan, Kegemukan, Sakit pada pembuluh darah, Sakit pada persendiaan dan rematik, Sakit kepala, Asma dan penyakit paru-paru., Gangguan pencernaan, Sembelit, Tekanan darah rendah, Epilepsi, Diabetes, Penyakit kulit, Kedinginan, Ketidak seimbangan system endokrin, Masalah menstruasi dan monopuse, Gelisah, Depresi, Sakit Syaraf, Sakit kejiwaan.
Latihan yoga Surya namaskara.
Latihan yoga Surya Namaskara, adalah sebuah teknik penting untuk memperbaiki tubuh dan pikiran, dan juga membantu menyembuhkan penyakit. Surya Namaskara terdiri dari 12 sikap yoga sederhana , asana yang dipadukan dengan Pranayama (latihan pernafasan) dan tehnik bermeditasi. Latihan ini sangat mudah dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari karena hanya memerlukan waktu 15 menit dalam melaksanakannya untuk mendapat kesehatan pisik, mental dan spiritual.
Surya Namaskara adalah teknik penting dalam melakukan yoga. Kelenturan dan penerapannya merupakan cara yang sangat bermanfaat untuk memperoleh hidup sehat, kuat dan aktif dan juga merupakan persiapan untuk pembangkitan spiritual dan meningkatkan kesadaran. Walaupun tehnik ini telah detemukan sejak dulu, kehidupan modern telah membuat orang sulit untuk melakukan latihan yoga. Sedangkan latihan ini sangat penting dan pundamental. Kebanyakan gaya hidup modern meonjolkan tekanan mental, kekawatiran dan tampaknya banya permasalahan tak terpecahkan dalam berbagai tingkatan hidup. Hal ini mengakibatkan situasi mental dan pisik kita semakin mudah terserang penyakit.
Melakukan kegiatan yoga, merupakan pencegah stress dan terbukti sebagai dasar dari therapy yang sangat ampuh bagi penyakit pisik maupun mental.
Pengetahuan ini dibagi bagi orang yang mau meningkatkan diri. Ini hanya sebagai petunjuk, yang menerangkan setau tehnik ampuh untuk menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan kita. , petunjuk ini harus kita buktikan dan mempraktekannya untuk merasakan keampuhannya. Dengan demikian kita akan bisa membenarkan tehnik ini melalui usaha kita sendiri. Begitu anda melatihnya anda akan merasakan peregangan, pemijatan, memperkuat dan merangsang seluruh otot, organ vital dan bagian pisik lainnya. Ltihan ini menghasilkan bentuk tubuh yang sempurna ,dan menghasilkan pembangkitan energy halus, yang mengaktifkan badan pisik. Pelaksanaan yang mantap dengan aliran nafas yang lembut tanpa paksaan mencerminkan irama alam semesta.
Penekanan Latihan.
Asana semestinya dilakukan selembut mungkin dengan kesadaran rasa dan konsentrasi pikiran, untuk merasukan penyatuan kita dalam setiapa gerakan badan.
Pernafasan, disini setiap gerakan melakukan 3 kali putaran nafas, dengan maksud, mengaliri tiga nadi utama , energy secara maksimum, dan memberikan waktu energy, membuka sumbatan-sumbatan, syarap-syarap tubuh kita.
Meditasi sinar matahari, sangat penting membawa kesadaran merasakan aliran energy penyembuh dari sumber energy alam semesta yaitu Matahari.
Penekanan Pada tehnik ini, adalah sebuah hasil pengalaman sebagai praktisi yoga, dan pengalaman menyembuhkan beberapa penyakit berat. Jadi hanya tinggal lakukan dalam latihan.
Kalau perlu tuntunan lebih detail , bisa menghubungi atau datang ke penulis, untuk mendapatkan tuntunan latihan langsung.
Dak ada batasan putaran dalam melakukan gerakan ini, bisa lakukan berkali-kali, sesuai kecukupan, jangan sekali sampai kelelahan .

Kapan dan Dimana sebaiknya melakukan Latihan.
Saat yang tepat untuk berlatih asana surya namaskar, adalah pada saat matahari terbit, saat penuh kedamaian, ketika atmosfir dipenuhi dengan sinar ultraviolet, yang sangat tinggi bagi tubuh. Berlatih di udara terbuka dengan mengenakan busana tifis yang longgar, agar kulit dapat bernafas dan menyerap energy matahari. Berlatihlah menghadap matahari terbit, dan perut harus dalam keadaan kosong. Dimalam hari juga bisa latihan ini, karena akan memperlancar api pencernaan.
Tidak ada batasan umur dalam belajar Yoga, yoga akan sangat bermanfaat dalam keseluruhan tahap pertumbuhan. Tapi bagi pemula disarankan jangan latihan terlalu berlebihan.
Kiat dalam asana jangan memaksa dan tergesa –gesa.
Umumnya kita tidak dapat berlatih asana langsung dengan sempurna. Jika melatih asana lakukanlah dengan wajar, jangan memaksakan diri. Lakukan sikap sesuai kemapuan anda dan denga rasa yang enak dan bertahanlah semampu mungkin. Didalam asana tidak ada ketegangan, latihan yang berlebihan dan memaksa akan membuat anda terluka dan tak bisa berlatih dalam waktu yang lama. Orang tuan atau orang yang tak biasa latihan tiap hari hasrus latihan bertahap. Asana sangat beda denga olah raga berat lainnya dan tarian modern, Bahkan orang yang telah mahir dalam olah raga itu , juga harus berlatih dengan hati hati. Seseorang tidak dibenarkan melakukan asana setelah menjalankan operasi, sebelum benar- benar sembuh. Kecuali dalm pengawasan guru yoga. Jia anda merasa sedikit saja sakit dalam asana, segera berhenti dan savasana, sampai denyut jantung mulai normal dan nafas normal kembali. Setiap akhir latihan asana anda seharusnya terasa lebih segar berenegy bukan merasa lelah. Dengan berlatih konsisten, sungguh –sungguh, dan berkalanjutan, akan dijamin anda akan merasakan energy semakin optimal dan badan terasa lentur.
Bermalas-malasan dalam berlatih yoga , tidak sesuai dengan tata aturan seorang yogi. Setiap sikap asana dipertahkan untuk mengoptimalkan keseimbang energy. Melalui tekanan yang dipertahankan ini mempengaruhi pengeluaran hormone dalam tubuh. Jangan melakukan pergantian asana tergesa—gesa, bukan banyak ngerakan yang penting tapi berapa cermat anda berlatih. Lakukan perlahan-lahan anda akan merasakan tubuh anda seperti mesin yang hebat dan rasakan gerakan seluruh system didalamnya. Lakukan dengan penuh gerak kesadaran rasa dan pikiran , anda akan merasakan alirab nafas seirama dengan setiap gerakan sikap tubuh anda. Dengan kesadaran anda akan merasakan setiap gerakan bagaikan tarian cosmic, dan mengarungi lautan energy semesta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s