Bahaya Komsumsi Teh Hijau

Bahaya Teh hijau
Pernahkah anda berpikir bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu dapat mendatangkan kerugian?
Segala sesuatu dianggap baik apabila dilakukan sesuai pada kadar dan takarannya. Begitu juga suplemen, apabila dikonsumsi dengan dosis yang tepat maka akan membawa manfaat, bagitu juga pada Teh Hijau, yang menjadi popular dengan khasiatnya yang dapat membantu diet dan memberikan kesehatan pada tubuh.

Apakah mengkonsumsi teh hijau menimbulkan efek samping terhadap konsumennya??

Ya, kafein merupakan masalah yang mungkin dapat ditimbulkan apabila anda mengkonsumsi teh hijau terlalu banyak.

Meskipun kopi memiliki persentase lebih tinggi terhadap kafein daripada teh, tetapi teh hijau sangat rawan dalam memberikan efek samping yang tidak menyenangkan. Efek samping yang paling umum akibat terlalu banyak kafein antara lain, denyut jantung semakin cepat, sering muntah dan diare, mudah gelisah serta mudah tersinggung untuk beberapa orang tertentu.
Selain overload kafein, ada beberapa efek samping lain dari terlalu banyak minum teh.

Selain kafein, tannin yang ada pada teh hijau dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Tannin adalah zat, pahit polyphenol tanaman yang baik dan cepat mengikat atau mengecilkan protein. Zat dari tannin menyebabkan perasaan kering pada mulut dengan konsumsi anggur merah, teh pekat, atau buah yang tidak tumbuh (Wikipedia). Tannin bisa mengganggu selaput perut, sehingga sering menyebabkan rasa mual. Terutama iritasi dimana biasanya disebabkan karena seduhan teh yang terlalu lama, menseduh teh lebih dari 3 menit dapat merusak rasa, sehingga rasanya sangat pahit dan cenderung sekali menyebabkan gangguan perut.

Dianjurkan juga pada wanita untuk menghindari teh hijau selama kehamilan, tidak hanya karena kafein tersebut, tetapi juga ada resiko seperti cacat tabung saraf pada bayi. Epigallocatechin gallate (EGCG), antioksidan dalam teh hijau, merupakan dugaan terhadap penyumbang cacat tersebut. Sebagai tindakan pencegahan, disarankan untuk menghindari minuman yang mengandung kafein, termasuk teh selama kehamilan.

Teh memiliki efek penipisan pada darah sehingga dokter sering menyarankan pada pasiennya untuk menghindarinya, apabila pasien mereka mengambil obat pengencer darah atau karena menjalani operasi karena membantu mencegah pembekuan darah.

Tetapi tidak perlu khawatir, sebab bila anda tidak berlebihan dalam mengkonsumsi teh hijau, maka hal tersebut masih tetap aman untuk dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s