Tahapan “Ngemurtiang”

IMG_7575Banyak pemangku ataupun pinandita kurang memahami tentang yoga sesungguhnya meskipun mereka telah melaksanakan tugas sehari-hari dalam pelaksanaan ngaturan piodalan di pura-pura ataupun di semua tahapan kegiatan penyelesaian upacara sehari-hari. Olehkarena itu dibawah ini dipaparkan kegiatan yang sangat sederhana dan sistematis sebelum menuju “nedunan Ida Betara”. Sebaiknya kita membahas tentang tahapan yoga yang mesti dilaksanakan oleh semua umat kita yang beragama Hindu dimanapun berada. Hal ini sering kita kenal beberapa istilah yang menggelitik yaitu ngemurtiang atau menyatunya Tuhan yang Maha Esa sebagai percikan sinar suciNya.
Yoga dapat dijelaskan dengan tiga pengertian yaitu :
1.Yogashcitta vrttinirodha artinya : “menahan semua kecenderungan psikis disebut yoga”. Mereka yang mengikutu yoga jenis ini menekan kecenderungan-kecenderungan dalam pikiran dengan tekanan psikis, namun begitu tekanan-tekanan psikis itu dihilangkan kecenderungan semula muncul kembali dan kembali kekeadaan semula. Dengan demikian jenis yoga ini tidak mungkin menuntun menuju kemajuan spiritual.
2.Sarvacintaparityago niscinta yoga ucyate artinya : “Bila kecenderungan di dalam pikiran di tahan, maka proses berpikir otomatis akan terhenti”. Ini tidak mungkin mengatur pencapaian yang tertinggi.
3.Samyogo yogo ityukto jiivatma paramatmanah, artinya : Ketika kesadaran unit dan kesadaran agung ( Tuhan ) lebur menjadi satu iutulah yoga sejati”. Hal ini dapat terjadi ketika aspiran spiritual membentuk suatu hubungan cinta yang manis dengan Paramapurusa ( Tuhan )

surya-namaskar2Kalau dilihat dari asalkatanya, yoga berasal dari bahasa sansekerta yaitu “yuj” atau “yoke” dalam bahasa Inggris yang artinya “menyatukan atau mengikat menjadi satu”. Yaitu yang dimaksud disini adalah yang sesuai dengan difinisiyoga yang nomer tiga di atas, penyatuan antara kesadaran unit dengan kesadaran Agung ( Tuhan ), atau penyatuan antara kesadaran diri dengan kesadaran universal.
Yoga merupakan kesatuan antara tubuh, pikiran dan jiwa. Kesatuan antara individualitas dengan intelegensi surgawi yang mengatur jagat raya ini. Yoga merupan suatu keadaan disaat semua elemen dan kekuatan yang membentuk organism biologi kita menjalin interaksi yang harmonis dengan elemen semesta.

Tentang agung swastika

Seorang dokter
Pos ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s