Chikungunya

Chikungunya

oleh :dr. Agung Swastika

Fakta-fakta penting
20140131_065923Kita sering diganggu tentang pemberitaan di media tentang Chikungunya ini, karena menyerang masyarakat dengan cepat terutama pada daerah-daerah kawasan padat penduduknya dan kawasan yang kumuh. Diharapkan masyarakat rutin melakukan pembersihan sarang nyamuk secara kontinyu. Tokoh masyarakat mesti punya kepedulian sosial menggerakkan masyarakatnya untuk pemberantasan sarang nyamuk, minimal seminggu sekali.
Chikungunya adalah penyakit virus yang ditularkan kepada manusia oleh nyamuk yang terinfeksi . Hal ini menyebabkan demam dan nyeri sendi yang parah . Gejala lain termasuk nyeri otot , sakit kepala, mual , kelelahan dan ruam .
Penyakit ini mirip beberapa tanda-tanda klinis dengan demam berdarah , dan dapat salah didiagnosis di daerah di mana dengue adalah umum .
Tidak ada obat untuk penyakit ini . Pengobatan difokuskan pada menghilangkan gejala-gejala .
Kedekatan tempat perkembangbiakan nyamuk untuk tempat tinggal manusia merupakan faktor risiko yang signifikan untuk chikungunya .
Sejak tahun 2004 , demam chikungunya telah mencapai proporsi epidemi , dengan morbiditas dan penderitaan yang cukup besar .
Penyakit ini terjadi di Afrika , Asia dan benua India . Dalam beberapa dekade terakhir vektor nyamuk chikungunya telah menyebar ke Eropa dan Amerika . Pada tahun 2007, penularan penyakit dilaporkan untuk pertama kalinya dalam wabah lokal di Italia Utara .

Tentang agung swastika

Seorang dokter
Pos ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s